JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 13 No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas VII pada Tema Pencemaran Lingkungan

Yohanna Margaretha (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Lukman Nulhakim (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Annisa Novianti Taufik (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2023

Abstract

Keterampilan komunikasi dirasa genting karena termasuk dalam salah satu keterampilan 4C yang menjadi bekal dalam mengahadapi tuntutan abad ke-21. Oleh karena itu dilakukan sebuah penelitian di SMPN 41 Kota Bekasi untuk menganalisis pengaruh penggunaan model think-talk-write learning terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas VII pada materi pencemaran lingkungan. Desain pretest posttest nonequivalent control group, metode kuasi eksperimental diterapkan dalam penelitian ini. Sebanyak masing-masing 30 siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dijadikan sampel pada penelitian, dengan jumlah total 60 orang. Tes dan observasi merupakan dua teknik pengumpulan data yang digunakan. Berdasarkan temuan, model think-talk-write learning berpengaruh terhadap keterampilan komunikasi siswa ditunjukkan dengan uji Mann-Whitney dengan nilai probabilitas sig sebesar 0,00 < 0,05 dan uji effect size menunjukkan pengaruh yang besar. Selain itu, nilai indeks gain yang ditunjukkan kelompok eksperimen memberikan hasil yang lebih baik yaitu sebesar 61% pada kelompok eksperimen dengan kriteria cukup efektif, sedangkan kelompok kontrol memiliki nilai indeks gain sebesar 41% pada kriteria kurang efektif. Dapat dibuktikan bahwa model think-talk-write learning berpengaruh terhadap keterampilan komunikasi siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...