Equals : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 6 No 1 (2023): Equals: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Pengaruh Motivasi Berprestasi Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Rahmawati Rahmawati (Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Maros)
Khaerani Khaerani (Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Maros)
Wahyuni Purnamasari (Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Maros)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2023

Abstract

Siswa yang sangat termotivasi untuk berhasil lebih mungkin untuk berhasil jika dibandingkan dengan siswa dengan motivasi berprestasi rendah, mereka akan berpeluang lebih baik untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Selama proses pembelajaran, kontribusi motivasi baik intrinsik maupun ekstrinsik sangat diperlukan. Dengan motivasi belajar dapat mengembangkan aktivitas dan gagasan, dapat mengarahkan dan memelihara ketekunan dalam melakukan kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika siswa SMA di Kecamatan Lau Kabupaten Maros. Penelitian ini termasuk dalam penelitian ex post facto untuk melihat pengaruh motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. Populasi pada penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA di Kecamatan Lau Kabupaten Maros yang berjumlah 372 siswa, sedangkan untuk data sampel dalam penelitian ini sebanyak 194 siswa yang pengambilannya menggunakan metode Proporsional Random Sampling dan Rumus Slovin. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket motivasi berprestasi siswa dan tes untuk pengumpulan data hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa motivasi berprestasi siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa SMA di Kecamatan Lau Kabupaten Maros dengan kontribusi sebesar 8%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

equals

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

Jurnal Equals: Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika, memuat artikel berupa hasil pemikiran, studi pustaka atau penelitian yang berkaitan dengan perkembangan bidang ilmu pendidikan matematika dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain. ...