Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 13 No. 1 (2023): Pasundan Journal of Mathematics Education

Penerapan Pembelajaran PBL melalui Mathematical Modelling untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Efficacy Siswa

Kiki Zakiyah (Unknown)
Yusritawati, Ita (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy siswa. Metode penelitian ini menggunakan mixed method. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 1 Kadugede dengan samplenya siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes. Tes yang digunakan berupa tes tipe uraian sebanyak 6 soal. Non tes yang digunakan berupa angket skala self efficacy dan lembar observasi serta wawancara. Dari hasil analisis terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy antara siswa yang memperoleh model Problem Based Learning (PBL) melalui mathematical modelling dan model pembelajaran konvensional, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem Based Learning (PBL) melalui mathematical modelling lebih baik daripada pembelajaran konvensional, kemampuan Self Efficacy siswa yang memperoleh model Problem Based Learning (PBL) melalui mathematical modelling lebih baik daripada pembelajaran konvensional dan terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan self efficacy siswa. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pjme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME) merupakan jurnal pendidikan matematika yang dikelola oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Pasundan dan Asosiasi Guru Matematika Indonesia (AGMI). Jurnal ini menerbitkan penelitian asli atau makalah teoretis tentang pengajaran ...