Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 13 No. 1 (2023): Pasundan Journal of Mathematics Education

Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa

Maulyda, Melda (Unknown)
Mudrikah, Achmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan kemampuan literasi matematis siswa dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) lebih baik dibandingkan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif quasi experimental dengan bentuk the nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2016/2017 di suatu sekolah menengah pertama di Cianjur yaitu MTs Negeri 6, dipilih 2 kelas yaitu kelas VIII F sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan VIII H sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan dengan menggunakan pendekatan saintifik. Setiap kelas memiliki 37 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes tulis kemampuan literasi matematis. Pengolahan data peningkatan literasi matematis menggunakan uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan didapatkan bahwa peningkatan kemampuan literasi matematis siswa dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) lebih baik dibandingkan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pjme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME) merupakan jurnal pendidikan matematika yang dikelola oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Pasundan dan Asosiasi Guru Matematika Indonesia (AGMI). Jurnal ini menerbitkan penelitian asli atau makalah teoretis tentang pengajaran ...