Kota karawang merupakan kota yang sesuai dengan penelitian ini karena merupakan kota industry dan banyak pekerja yang sekaligus menjadi mahasiswa sehingga banyak konsumen yang memerlukan smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peta merek smartphone Samsung, oppo, apple,xiaomi dan vivo dikalangan mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan analisis korespondensi dengan metode kuantitatif melalui pendekatan deskriptif dan verifikatif dengan metode pengambilan data menggunakan Teknik simple random sampling dan dalam menentukan sampel menggunakan rumus slovin dengan hasil sampel sebanyak 203 responden mahasiswa manajemen universitas buana perjuangan karawang sebagai pengguna smartphone. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran angket(kuesioner) dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa smartphone Samsung menjadi smartphone dengan atribut citra merek melekat,hal ini menunjukan bahwa smartphone Samsung lebih menggunakan strategi pemasaran citra merek melekat pada konsumen. Smartphone oppo menjadi merek smartphone dengan keunggulan aplikasi yang legal, hal ini menunjukan bahwa strategi pemasaran oppo lebih mementingkan aplikasi yang legal. Smartphone apple dengan keunggulan strategi yang jelas, hal ini menunjukan Apple mempunyai strategi pemasaran yang jelas dibandingkan smartphone lainnya. Smartphone xiaomi memiliki keunggulan harga sesuai dengan kualitas, hal ini menunjukan bahwa Xiaomi strategi pemasaran menggunakan penyesuaian harga dengan kualitas dan smartphone vivo memiliki keunggulan dalam kemudahan informasi, hal ini menunjukan bahwa Vivo lebih mengungulkan strategi pemasaran melalui kemudahan informasi.
Copyrights © 2023