Penelitian ini bertujuan untuk merancang pengembangan media pembelajaran video tutorial berbasis interaktif serta menguji kelayakan media pembelajaran video tutorial berbasis interaktif dalam adobe flash CS6 dan camtasia9. Penelitian ini menggunakan metode penelitian (Reserch and Development) dengan model yang terdiri dari tiga langah yaitu: Analysis, Design, dan Development. Subjek penelitian adalah 27 siswa Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak kelas X SMK Palapa Semarang. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran video tutorial berbasis interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa menurut validasi ahli media mendapatkan nilai rata-rata 3,8 dengan prosentase 81% berkategorikan “Baik”, validasi ahli materi mendapatkan nilai rata-rata 4,7 dengan prosentase 98% berkategorikan “Sangat Baik”, uji coba dalam kelompok kecil berkategorikan “Sangat Baik” dengan nilai rata-rata 4,7 prosentase 93%, uji coba penilaian dalam kelompok besar berkategorikan “Baik” dengan nilai rata-rata 4,0 prosentase 80%. Dengan demikian media pembelajaran video tutorial berbasis interaktif layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk kelas X Rekayasa Perangkat Lunak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021