Journal of Systems, Information Technology, and Electronics Engineering
Vol 2 No 2 (2022): DESEMBER 2022

Pengembangan Media Pembelajaran Informatika Menggunakan Google Classroom Pada Mata Pelajaran Al Qur'an Hadits

Kurniawati, Kurniawati (Unknown)
Fadhli, Muhammad (Unknown)
Marischa, Chandra Luckysia (Unknown)
Nugraheni, Rizka Husnul (Unknown)
Ristanto, Riska Dami (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Pengembangan media pembelajaran informatika menggunakan Google Classroom pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits memberikan sarana untuk menyediakan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Gaya belajar berbantuan perangkat pembelajaran informatika berbasis google classroom diharapkan mampu membantu siswa untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam proses belajar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Google Classroom pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan pendekatan 4D dengan tahapan penelitian: 1)Define; 2)Design; 3)Develop; 4)Disseminate. Penelitian ini dilaksanakan di MTS Islam Pati kelas IX sejumlah 15 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan pre-test dan post-test. Adapun langkah yang dilakukan dalam penelitian meliputi pembuatan, pengembangan dan penerapan media pembelajaran. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebesar 2,53% sehingga dianggap memberikan dampak positif terhadap siswa dan layak untuk digunakan media pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jsite

Publisher

Subject

Education Electrical & Electronics Engineering

Description

System Engineering, Information Technology, Electronics Enginering, Electrical Engineering, Mechatronics, Automation, Educational Digital Media, Artificial Intelligence, and ...