Information Technology Education Journal
Volume 1, Issue 2, Mei 2022

Peningkatan Hasil Belajar Menggambar Menggunakan Autocad Melalui Penerapan Model STAD Berbasis Portopolio Siswa Kelas XI Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan

Supratman (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar konstruksi dan utilitas gedung melalui penerapan model pembelajaran STAD berbasis portopolio pada siswa kelas XI Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri Paku. Subjek penelitian ini adalah satu kelas yaitu siswa kelas XI SMK Negeri Paku sebanyak 22 siswa dan yang dijadikan sampel sebanyak 16 siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari lima tahap, yaitu tahap permasalahan, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang terkumpul selanjutnya diolah dengan menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD berbasis fortofolio dapat meningkatkan hasil belajar konstruksi dan utilitas gedung khususnya pokok bahasan Menggambar denah, tampak, potongan gedung dan detail pondasi dan sloof.. Hal ini terbukti dari hasil analisis deskriptif pada siklus I hasil belajar siswa berada pada kategori sedang, dan pada siklus II menunjukkan hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi, hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Menggambar denah, tampak, potongan gedung dan detail pondasi dan sloof. dari siklus I ke siklus II sebesar 20,00 persen. Hasil observasi juga menunjukkan adanya perubahan positip baik dari perilaku, sikap maupun keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

INTEC

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

INTEC Journal is published by the Informatics and Computer Engineering Education Study Program at Makassar State University. INTEC Journal is published periodically three times a year, containing articles on research results and / or critical studies in the field of Informatics and Computer ...