Adanya salah satu surat yang menjelaskan tentang pendidikankarakter ini ialah surat Luqman ayat 12 sampai 19. Di sana Luqmanmenjelaskan dua fungsi yaitu sebagai orang tua dan pendidik di dalammenanamkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada anaknya. Penelitianini berhasil mengeksplorasikan bahwasanya nilai-nilai pendidikankarakter yang terdapat dalam surat Luqman ayat 12 sampai 19, sangatbanyak mengandung nilai-nilai pendidikan karakter di dalam membentukanak didik yang berkarakter Islami sesuai dengan tuntutan ajaran Islam.Di dalam surat Luqman ayat 12 sampai 19 sudah di jelaskan nilai-nilaiapa saja yang harus di tanamkan kedalam diri peserta didik sejak dini.Pertama, nilai pendidikan karakter dalam hubungan dengan tuhan yangterdapat dalam surat Luqman ayat 12 sampai 19 ialah: nilai Tauhid, nilaibersyukur, nilai larangan untuk syirik dan nilai ibadah. AdapunRelevansinya di madrsah seperti membaca do‟a, mengucapkan salam.Kedua, nilai pendidikan karakter dalam hubungan dengan diri sendiriyang terdapat dalam surat Luqman ayat 12 sampai 19 ialah: nilaibertanggung jawab, nilai disiplin dan nilai percaya diri.Adapun Relevansinya di Madrasah ialah membuat catatankehadiran, hadir tepat waktu. Ketiga, nilai pendidikan karakter dalamhubungan dengan sesama yang terdapat dalam surat Luqman ayat 12sampai 19 ialah: nilai sopan santun, nilai sosial, nilai berbakti kepadaorang tua dan nilai tidak sombong. Adapun relevansinya di madrasahialah mengunjungi panti jompo, membantu orang tertimpa musibah.Keempat, nilai-nilai pendidikan karakter dalam hubungan denganlingkungan yang terdapat dalam surat Luqman ayat 12 sampai 19 ialah:nilai amar ma‟ruf dan nahi mungkar. Adapun Relevansinya di madrasahialah membersihkan kelas. Dan yang kelima, nilai pendidikan karakterdalam hubungan dengan kebangsaan yang terdapat dalam surat Luqmanayat 12 sampai 19 ialah: nilai toleransi dan nilai demokrasi. Adapunrelevansinya di madrasah ialah menggunakan bahasa indonesia yang baikdan benar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022