Kompetensi lulusan SMK belum memenuhi standar kebutuhan DUDI, sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan jumlah pengangguran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis manajemen prakerin dalam meningkatkan kompetensi lulusan SMK. Jenis penelitian yang digunakan ialah kualitatif yang menghasilkan data deskriptif, dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan: bahwa manajemen Prakerin untuk meningkatkan mutu lulusan yang memiliki kesiapan kerja dan berdaya saing terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara manajemen Prakerin, pembelajaran berbasis kelas industri, ketersediaan alat praktek, kepemimpinan kepala sekolah, dan kontribusi DUDI terhadap kompetensi lulusan. Hal ini menginformasikan bahwa kompetensi lulusan akan unggul jika sekolah lebih aktif dalam meningkatkan kerjasama dengan DUDI, tidak hanya dalam pelaksanaan Prakerin tetapi kerjasama dalam bidang lainnya.
Copyrights © 2021