Terbukanya perdagangan pada saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi produk Indonesia, dimana upaya peningkatan daya saing produk menjadi target penting bagi produsen Indonesia. Competitive intelligence (CI) sebagai salah satu alat yang dapat digunakan dalam mencapai competitive advantage (CA) perlu diterapkan oleh para produsen produk Indonesia. Tujuan penelitian ini utuk mengetahui pengaruh dari pemanfaatan CI terhadap daya saing produk Indonesia. Metode yang digunakan ialah synthetic review dengan melakukan kajian literatur dengan mengumpulkan beberapa studi tentang topik yang sama kemudian disintesis, yang diperoleh menggunakan mesin pencari seperti Google Scholar, ProQuest, dan ScienceDirect. Dari 24 jurnal yang dipilih, dihasilkan bahwa 29% dari jurnal tersebut menunjukan Pemanfaatan elemen CI yaitu Social and Strategic Inteligence berpengaruh positif terhadap daya saing produk, 25% menunjukan Competitive Intelligence berpengaruh positif terhadap daya saing produk Indonesia, selanjutnya 25% Pemanfaatan elemen CI yaitu Marketing Inteligence berpengaruh positif terhadap daya saing produk, kemudian 13% Pemanfaatan elemen CI yaitu Competitor Inteligence berpengaruh positif terhadap daya saing produk, dan 8% menunjukan Pemanfaatan elemen CI yaitu Technological Inteligence berpengaruh positif terhadap daya saing produk.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023