Cakrawala Repositori Imwi
Vol. 6 No. 4 (2023): Cakrawala Repositori IMWI

Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar

Misyela Prisilia Sembung (Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Manado, Indonesia)
Viktory Nicodemus Joufree Rotty (Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Manado, Indonesia)
Harol Reflie Lumapow (Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Manado, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2023

Abstract

Sekolah dasar dengan pendidikan inklusif merupakan tantangan tersendiri bagi pimpinan sekolah dan guru lembaga pendidikan. Pendidikan inklusi di SD perlu mendapat perhatian lebih, karena anak SD masih memerlukan perhatian intensif dari guru dan keberadaan siswa berkebutuhan khusus tentu tidak mudah untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dan mendeskripsikan fenomena yang terjadi dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi di kelas primer. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, menganalisis adanya faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan inklusi di sekolah dasar, oleh karena itu disimpulkan bahwa guru harus lebih mengetahui tentang faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan inklusi di sekolah dasar negeri. sekolah , oleh karena itu kepala sekolah, guru, dewan pendidikan dan masyarakat harus bekerjasama dalam pelaksanaannya untuk memberikan pelayanan yang layak bagi siswa pada umumnya dan anak berkebutuhan khusus untuk meningkatkan mutu pelayanan pendidikan di sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Cakrawala Repositori IMWI focuses on publishing original research articles, reviewing articles from contributors, and current issues relating to Economics, Business and Management. The main purpose of the journal is to provide a platform for scholars, academics, and researchers to share ...