Jurnal Konseling Pendidikan Islam
Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Konseling Pendidikan Islam

PANDANGAN FILSAFAT PROGRESIVISME JOHN DEWEY PADA PEMBELAJARAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA: KAJIAN STUDI LITERATUR REVIEW

Rina Ari Rohmah (Program Studi Pendidikan doktor, Universitas Riau, Indonesia)
Mahdum (Program Studi Pendidikan doktor, Universitas Riau, Indonesia)
Isjoni (Program Studi Pendidikan doktor, Universitas Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Pendidikan dapat menciptakan pengetahuan yang kreatif dan inovatif karena selalu diperbarui. Pendidikan juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, membangun karakter, mencerdaskan kehidupan masyarakat, serta meningkatkan kualitas hidup dan martabat manusia di Indonesia. Salah satu cara untuk menyempurnakan konsep sistem pendidikan nasional adalah melalui pendekatan progresif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memgkaji literatur review dari beberapa temuan penelitian yang telah dipublikasikan pada sebuah jurnal yang terkait dengan pandangan filsafat progresivisme John Dewey yang dilakukan pada pembelajaran kurikulum merdeka belajar kampus merdeka. Berdasarkan telaah literatur, ditemukan bahwa peranan belajar merdeka di perguruan tinggi sangatlah penting dalam pengembangan masyarakat pendidikan Indonesia. Hal ini disebabkan oleh merdeka belajar kampus merdeka merupakan salah satu bentuk percepatan respon terhadap permasalahan pendidikan dan globalisasi. Hal ini juga sejalan dengan kecenderungan progresivisme yang sangat berpengaruh, yang membutuhkan perubahan cepat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JKPI

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Al Khairat Journal of Islamic Education Counseling (JKPI-Al Khairat) is a scientific journal in the field of Guidance and Counseling in Islamic Education and Education in general which is published regularly twice a year. This journal was published by departmen Islamic Guidance and Counseling at the ...