Jurnal Edukasi Sumba (JES)
Vol. 6 No. 2 (2022)

Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran yang Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Topik Trigonometri Kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2016/2017

Sri Wahyuni Kalumbang (STKIP Weetebula)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menciptakan pembelajaran yang aktif pada topik trigonometri bagi siswa kelas X MIPA 3 SMA N 1 Depok dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw; dan (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Depok dalam pembelajaran yang menerapkan model kooperatif tipe Jigsaw pada topik trigonometri. Hasil penenlitian ini menunjukkan bahwa model kooperatif tipe jigsaw ditinjau dari hasil belajar siswa kelas X MIPA 3 hasilnya sudah baik. Hal ini diperlihatkan melalui persentase penilaian kecakapan akademik hasil belajar yaitu 80,65% hasil belajar siswa sudah mencapai ketuntasan dengan 74,2% siswa tergolong kriteria sangat baik dan 9,68% tergolong baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jes

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edukasi Sumba (JES) merupakan jurnal ilmiah yang mulai diterbitkan pada tahun 2017 dan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian di bidang pendidikan secara umum yang mencakup Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pengembangan model dan teknologi pembelajaran, analisis pendidikan baik pada ...