Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran penggunaan web atau blog dalam pembelajaran IPA di SMP se-Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan sampel random cluster sampling. Sampel sebanyak 75 guru dari 236 guru IPA yang tersebar di 19 kecamatan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara tentang penggunaan web dalam pembelajaran IPA. Diperoleh data 89,3 % laboratorium komputer terkoneksi dengan internet. Dari 72,00 % SMP memiliki web hanya 8,0% digunakan pembelajaran IPA dan dari 28,0 % guru IPA yang memiliki blog hanya 8,0% digunakan pembelajaran IPA. Seluruh guru saat di rumah memiliki akses internet 100% terdiri atas 65% menggunakan wifi dan 35% menggunakan paket data. Dari data dapat disimpulkan bahwa penggunaan web dalam pembelajaran IPA di SMP se-kabupaten Grobogan masih rendah jika dibandingkan dengan fasilitas internet yang dimiliki sekolah dan guru. Disarankan agar guru IPA SMP se-Kabupaten Grobogan melakukan pengembangan diri berkaitan pemanfaatan web.
Copyrights © 2023