Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 9 No. 2 (2023): April-June

Pengaruh Literasi Digital Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Moderator

Septiany Maulani Soraya (Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung)
Kurjono Kurjono (Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung)
Imas Purnamasari (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 May 2023

Abstract

Hasil belajar merupakan pencapaian yang diperoleh siswa dari proses belajar mengajar. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Tujuan dari penelian ini adalah untuk menganalisis pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar, dan motivasi belajar dapat memperkuat atau memperlemah pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar siswa SMA Kelas XI IPS. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling menggunakan Rumus Slovin sehingga didapat 78 siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dengan teknik angket. Setelah dilakukan uji instrument data dan uji prasyarat yaitu asumsi klasik, teknik analisis data menggunakan regresi, karena menggunakan moderasi maka menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA) (moderated) Hasil penelitian menyatakan (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara literasi digital, Motivasi Belajar sebagai Variabel Moderating terhadap Hasil beIajar peserta didik keIas XI SMA Mata Pelajaran Ekonomi (2) Literasi Digital secara parsial memiliki pengaruh pada nilai hasil belajar Ekonomi Siswa SMA Kelas XI (3) Motivasi pembelajaran sebagai Variabel Moderating secara parsial memiliki pengaruh yang berakibat pada nilai hasil belajar Ekonomi Siswa SMA Kelas XI.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...