Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan teori APOS pada materi program linear. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Cibeber kelas XI IPA 1. Subjek penelitian berjumlah 6 siswa yang terdiri dari dua siswa berkemampuan tinggi, dua siswa berkemampuan sedang dan dua siswa berkemampuan rendah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes tertulis pemahaman konsep matematis yang terdiri dari dua soal uraian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori APOS yang memuat indeks pemahaman konsep untuk menganalisis tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis kategori tinggi telah mencapai tahap skema, siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis kategori sedang sampai pada tahap objek, sedangkan siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis kategori rendah hanya sampai tahap aksi saja.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023