Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 9 No. 2 (2023): April-June

Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Berdasarkan Teori Maslow

Dhea Ayu Nadila Ramadhani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Yuyu Yuhana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang)
Etika Khaerunnisa (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi persamaan linear dua variabel yang ditinjau dari motivasi belajar siswa berdasarkan teori Maslow. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa tes tertulis, instrumen non tes berupa angket motivasi belajar yang didasarkan dari teori Maslow, dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis mengenai materi sistem persamaan linear dua variabel, instrumen non tes berupa kuesioner, dan wawancara semi terstruktur. Subyek penelitian ini yakni siswa kelas VIII I SMP Negeri 1 Ciruas dan diambil sampel sebanyak enam siswa berdasarkan Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, visualisasi data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa siswa yang memenuhi seluruh aspek hierarki teori Maslow memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi, hal ini terlihat dari perbedaan cara menjawab soal. Siswa yang memenuhi seluruh aspek hierarki teori Maslow berusaha menjawab sedetail mungkin agar jawabannya jelas, sedangkan siswa yang hanya memenuhi sebagian aspek hierarki teori Maslow menjawab soal dengan seadanya tanpa penjelasan lebih mendetail.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...