Pemanfaatan teknologi informasi pada dunia pendidikan mulai banyak dilakukan sebagai pendukung kelancaran kegiatan belajar mengajar dikelas. Banyaknya siswa yang memberikan tanggapan bahwa cara guru menyampaikan materi pembelajaran dikelas terasa membosankan. Aplikasi kahoot merupakan salah satu media pembelajaran online berbasis game. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi kahoot terhadap evaluasi pembelajaran, metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan metode kuantitatif dengan tahapan menganalisis data, wawancara, dan kuisioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran aplikasi kahoot yang diterapkan disekolah dasar mendapakan respon positif dari para guru dan penerapan media aplikasi kahoot dalam evaluasi pembelajaran sudah tepat serta penggunaan teknologi dalam evaluasi pembelajaran perlu diterapkan disekolah. Secara praktis, penelitian ini dapat bermanfaat bagi guru karena membantu proses belajar menjadi lebih efektif dan efisien dan juga bisa dijadikan alternatif lain, dan juga bermanfaat bagi siswa karena siswa akan lebih tertarik untuk mengerjakan soal-soal.
Copyrights © 2023