BIMA : Journal of Business and Innovation Management
Vol. 5 No. 2 (2023): Februari

Hubungan Dimensi Promosion Mix Terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus Pada Makanan Coklat Tempe Khas Kediri Jawa Timur

Rohmad Prio Santoso (Program Studi Manajemen, Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2023

Abstract

Dampak pandemic covid 19 sangat berimbas pada sector ekonomi terutama UMKM, dimana keberhasil perekonomian nasional sangat bergantung pada berkembangnya perekonomian daerah. UMKM merupakan salah satu roda penggerak perekonomian daerah, semakin berkembangnya UMKM maka semakin meningkat pula tingkat perekonomian daerah. Perkembangan UMKM terutama UMKM kuliner sangat tergantung pada strategi pemasarannya. Dimensi promotion mix merupakan salah satu strategi dalam meningkatkan keputusan pembelian suatu produk. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif dan besar hubungan antara dimensi promotion mix yang terdiri advertising, personal selling, sales promotion, direct marketing, dan public relations dengan keputusan pembelian produk jajanan coklat tempe khas Kediri. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang melakukan transaksi pembelian produk jajan coklat tempe khas Kediri pada stan pameran UMKM pada hari jadi Kab Kediri tanggal 21 – 25 Juli 2022 di Simpang Lima Gumul Kab Kediri. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling insidental dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden. Pengumpulan data menggunakan kuisoner dengan teknik analisis korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara Dimensi promotion mix dengan keputusan pembelian jajanan coklat tempe khas Kediri. Dimensi promotion mix advertising, personal selling, sales promotion, direct marketing, dan public relations keefektifan dalam membujuk dan mempengaruhi konsumen terletak pada advertising, personal selling

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Fokus jurnal ini adalah publikasi bidang - bidang penelitian dalam ilmu manajemen seperti manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen operasi, dan bisnis. Scopenya tidak terbatas pada bidang - bidang tersebut namun segala bidang - bidang ilmu yang relevan dengan ...