Penelitian ini menggunakan pendekatan deksriptif-kualitatif yang bertujuan untuk mendeksrirpsikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X MIPA SMA Negeri 3 Poso pada materi hukum dasar ilmu kimia di masa pandemi covid-19. subjek penelitian ini terdiri dari 33 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes esai berupa soal uraian kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi hukum dasar ilmu kimia sebanyak 8 butir soal dan juga menggunakan pedoman wawancara tahap berpikir kreatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa persentase indikator kelancaran 43,2% dan indiaktorĀ keluwesan 43,7% berada pada kategori kurang kreatif, persentaseĀ indikator kebaruan 26,5% danĀ indikator elaborasi 15,2% berada pada kategori sangat kurang kreatif, sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa SMA Negeri 3 Poso Kelas X MIPA berada pada kategori kurang kreatif, siswa perlu diberi motivasi belajar dan dibiasakan untuk mengerjakan soal-soal yang dapat menuntut berpikir kreatif pada saat pembelajaran, sehingga siswa terlatih dalam berpikir kreatif dan menghubungkan teori dengan kehidupan nyata.
Copyrights © 2023