Jurnal Banua Oge Tadulako
Vol 2 No 2 (2023)

Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Hukum Dasar Ilmu Kimia di Masa Pandemi Covid-19

Siti Hajar (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Indonesia)
Minarni Rama Jura (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Indonesia)
Kasmudin Mustapa (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Indonesia)
Afadil Afadil (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan deksriptif-kualitatif yang bertujuan untuk mendeksrirpsikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X MIPA SMA Negeri 3 Poso pada materi hukum dasar ilmu kimia di masa pandemi covid-19. subjek penelitian ini terdiri dari 33 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes esai berupa soal uraian kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi hukum dasar ilmu kimia sebanyak 8 butir soal dan juga menggunakan pedoman wawancara tahap berpikir kreatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa persentase indikator kelancaran 43,2% dan indiaktorĀ  keluwesan 43,7% berada pada kategori kurang kreatif, persentaseĀ  indikator kebaruan 26,5% danĀ  indikator elaborasi 15,2% berada pada kategori sangat kurang kreatif, sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa SMA Negeri 3 Poso Kelas X MIPA berada pada kategori kurang kreatif, siswa perlu diberi motivasi belajar dan dibiasakan untuk mengerjakan soal-soal yang dapat menuntut berpikir kreatif pada saat pembelajaran, sehingga siswa terlatih dalam berpikir kreatif dan menghubungkan teori dengan kehidupan nyata.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jbot

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Banua Oge Tadulako (JBOT) is a national recognized journal in the field of education. It is published twice a year (May dan November). The aim of this journal is to publish high quality studies in the areas of instruction, learning, teaching, curriculum development, learning environments, ...