Jurnal Manajemen dan Ekonomi Kreatif
Vol. 1 No. 3 (2023): Juli : Jurnal Manajemen dan Ekonomi Kreatif

PENGARUH PEMASARAN DIGITAL DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA START-UP JEGGBOY SALATIGA

Teguh Harso Widagdo (Unknown)
Sudiyono Sudiyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2023

Abstract

Peningkatan kebutuhan mobilisasi masyarakat di Jawa Tengah, terutama Kota Salatiga, dipandang sebagai suatu peluang dan dapat dimanfaatkan oleh para pengusaha transportasi dalam membantu pemerintah untuk meningkatkan pendapatan daerah dan nasional. Mobilitas sangat berkaitan erat dengan kebutuhan transportasi. Kebutuhan akan transportasi untuk kegiatan wisata dan mobilisasi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan atau kepentingan masyarakat memberikan peluang bagi Jeggboy Salatiga untuk merilis aplikasi rental kendaraan pertama di Salatiga. Karena berbasis start-up, Jeggboy Salatiga menerapkan pemasaran digital dan juga dibantu dengan pelaksanaan kegiatan brand awareness. Dalam penelitian ini menggunakan 75 responden dengan kriteria berusia 16 tahun ke atas dan pernah memanfaatkan Jeggboy Salatiga. Kuesioner digunakan dalam pengumpulan data untuk kemudian diolah dengan menggunakan teknik analisis data Partial Least Square SEM. Hasil dari penelitian yang didapat menunjukkan: 1) Variabel pemasaran digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness. 2) Variabel pemasaran digital memiliki berpengaruh sangat kecil dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. 3) Brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jumek

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Manajemen Sumberdaya Manusia , Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sektor Publik, Manajemen Operasional, Manajemen Rantai Pasokan, Corporate Governance, Etika Bisnis, Akuntansi Manajemen dan Pasar Modal dan ...