Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dan tanggapan dari para kompetitor terhadap lingkungan eksternal perusahaan serta faktor-faktor yang mempengaruhi profitabilitas perusahaan. Dengan mengetahui faktor-faktor tersebut perusahaan dapat mengantisipasi atau mengatasinya dengan lebih cepat. Artikel ini menggunakan metode kualitatif yang berfokus pada analisis serta metode deskriptif untuk memecahkan masalah berdasarkan data pendukung. Pertumbuhan penduduk Indonesia yang tinggi memberikan peluang industri makanan seperti Kentucky Fried Chicken (KFC). KFC sudah terjamin halal dengan nilai yang sangat baik (A) dimana hal tersebut mendukung perkembangan manajemen KFC di tengah persaingan industri restoran yang ada di Indonesia. Dengan pesatnya perkembangan F&B, semakin banyak orang yang ingin berpartisipasi dalam bisnis kuliner. Berdasarkan hasil analisa penulis menggunakan PESTEL, Five Force Framework, dan lingkungan kompetitor, KFC berada di posisi yang cenderung aman dalam pasarnya karena memenuhi persyaratan bertahan di persaingan antar perusahaan sejenis. Namun, KFC tetap harus menonjolkan nilai lebihnya agar tidak mudah tersingkirkan oleh pesaingnya.
Copyrights © 2023