Penelitian ini mengangkat tema tentang efektivitas pendidikan agama islam dalam meningkatkan moderasi beragama di SD 013 desa Pedekik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas pendidikan agama islam dalam meningkatkan moderasi beragama di SDN 013 desa Pedekik dan apa kendala yang dihadapi pendidikan agama islam dalam meningkatkan moderasi beragama di SDN 013 desa Pedekik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif melalui pendekatan deskriptif yaitu berupa analisis dan teori yang diperoleh melalui hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pendidikan agama islam Efektivitas Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan moderasi beragama di SDN 013 desa Pedekik sudah mencapai keberhasilan yang baik karena adanya kesesuaian antara tenaga pendidik dalam melaksanakan tugas dan usaha yang dilakukan seperti metode yang dilakukan dan strategi lainnya membawa hasil seperti nilai-nilai moderasi seperti sikap toleransi, anti kekerasan, menerima perbedaan, setia terhadap konsesus negara dan adaptif terhadap tradisi terimplementasi dengan baik pada peserta didik
Copyrights © 2023