Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Vol 5, No 01 (2023): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MODERASI BERAGAMA DI SDN 13 DESA PEDEKIK

Farisya Irdani (STAIN Bengkalis, Indonesia)
Chinta Fatharani (STAIN Bengkalis, Indonesia)
Imas Indah Safira (STAIN Bengkalis, Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini mengangkat tema tentang efektivitas pendidikan agama islam dalam meningkatkan moderasi beragama di SD 013 desa Pedekik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas pendidikan agama islam dalam meningkatkan moderasi beragama di SDN 013 desa Pedekik dan apa kendala yang dihadapi pendidikan agama islam dalam meningkatkan moderasi beragama di SDN 013 desa Pedekik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif melalui pendekatan deskriptif yaitu berupa analisis dan teori yang diperoleh melalui hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pendidikan agama islam Efektivitas Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan moderasi beragama di SDN 013 desa Pedekik sudah mencapai keberhasilan yang baik karena adanya kesesuaian antara tenaga pendidik dalam melaksanakan tugas dan usaha yang dilakukan seperti metode yang dilakukan dan strategi lainnya membawa hasil seperti nilai-nilai moderasi seperti sikap toleransi, anti kekerasan, menerima perbedaan, setia terhadap konsesus negara dan adaptif terhadap tradisi terimplementasi dengan baik pada peserta didik

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

andragogi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Andragogi adalah jurnal yang di terbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Institut PTIQ Jakarta. Fokus kajian adalah manajemen pendidikan Islam dan pendidikan Islam. ...