Penelitian ini dilatarbelakangi tentang penggunaan media sosial terhadap Pendidikan akhlak siswa di MTs Negeri 2 Bengkalis. Dengan tujuan masalah dari penelitian ini yaitu:(1)Untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan media sosial terhadap pendidikan akhlak siswa di MTs Negeri 2 Bengkalis,(2)Untuk mengetahui dampak negatif dan positif dari pengaruh penggunaan media sosial terhadap pendidikan akhlak siswa di MTs Negeri 2 Bengkalis. Metode dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan pengumpulan data yaitu menggunakan penyebaran angket dan observasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi, dengan jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 242 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 37 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media sosial terhadap Pendidikan akhlak siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung=3,530 lebih besar dari nilai ttabel=2,030. Dengan demikian, penggunaan media sosial mempunyai pengaruh yang cukup kuat terhadap Pendidikan akhlak siswa di MTs Negeri 2 Bengkalis. Adapun dampak positif penggunaan media sosial di MTs Negeri 2 Bengkalis yaitu siswa bisa ikut berpartisipasi dalam mencari materi pembelajaran, selain itu bermanfaat terhadap pendidikan akhlak diantaranya dapat beradaptasi dan bersosialisasi. Sebaliknya jika digunakan untuk hal yang tidak baik maka akan berdampak negatif, misalnya membuat siswa kurang disiplin dan bersifat malas, lalai dan lupa waktu hingga membuat tugasnya terbengkalai
Copyrights © 2023