Penelitian ini memaparkan mengenai perumusan strategik dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 9 Blitar. Proses perumusan strategik meliputi pengembangan visi misi, mengukur peluang dan ancaman eksternal, mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan internal, menetapkan tujuan jangka pajang, dan menetapkan strategi yang sesuai. Maka dari itu, tujuan dalam penelitian ini meliputi (1) pengembangan visi misi di MIN 9 Blitar, (2)  peluang dan ancaman eksternal di MIN 9 Blitar, (3) kelemahan dan kekuatan internal di MIN 9 Blitar, (4) tujuan jangka pajang di MIN 9 Blitar, (5) strategi di MIN 9 Blitar. Metode penelitian memakai penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data memakai model Spradley dengan tahapan analisis domain, taksonomi, komponensial, dan analisis tema kultural. Hasil dan pembahasan penelitian yakni: (1) pengembangan visi misi di MIN 9 Blitar dilakukan dengan mempertimbangkan eksternal dan internal madrasah, (2) peluang dan ancaman di MIN 9 Blitar diukur setelah dilakukan analisis, (3) kelemahan dan kekuatan di MIN 9 Blitar diidentifikasi setelah dilakukan analisis, (4) tujuan jangka panjang MIN 9 Blitar ditetapkan sesuai visi misi madrasah, (5) strategi di MIN 9 Blitar ditetapkan sesuai tujuan madrasah. Dengan demikian, kesimpulan yang diberikan bahwa perumusan strategik di MIN 9  Blitar terbukti dapat meningkatkan mutu pendidikan madrasah
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023