Media Pendidikan Gizi dan Kuliner
Vol 7, No 2 (2018)

MANFAAT HASIL BELAJAR “PERENCANAAN PEMBELAJARAN TATA BOGA” PADA KEMAMPUAN PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TATA BOGA

Muhamad Gilang Predana (Universitas Pendidikan Indonesia)
Elly Lasmanawati (Universitas Pendidikan Indonesia)
Yulia Rahmawati (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan pada saat melaksanakan PPL di SMK BPP, sebanyak 7 dari 33 orang mahasiswa yang belum memahami komponen-komponen dalam RPP, khususnya berkaitan antara aspek kemampuan pengetahuan dan aspek kemampuan keterampilan khususnya dalam menentukan tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mendapatkan data tentang Manfaat Hasil Belajar “Perencanaan Pembelajaran Tata Boga” Pada Kemampuan Penyusunan RPP Mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan alat pengumpulan data berupa angket yang ditunjukan pada mahasiswa prodi Pendidikan Tata Boga angkatan 2013 dengan jumlah populasi dan sampel sebanyak 43 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat hasil belajar Perencanaan Pembelajaran Tata Boga pada kemampuan penyusunan RPP mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Boga memperoleh kriteria bermanfaat. Kesimpulan penelitian kemampuan menyusun RPP mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Boga berada pada kriteria bermanfaat. Saran ditujukan kepada mahasiswa Pendidikan Tata Boga sebagai peneliti selanjutnya yaitu dapat dijadikan gambaran bagi mahasiswa yang akan meneliti pada keterampilan mengajarnya dan bagi Dosen yang mengampu mata kuliah “Perencanaan Pembelajaran Tata Boga” memberikan pembelajaran memotivasi mahasiswa mengasah pengetahuan dan keterampilan menyusun RPP, memberikan arahan, contoh membuat RPP, memberikan penguatan pengetahuan dan keterampilan dalam menyusun RPP lebih optimal.Kata kunci : Hasil belajar, Kemampuan, Penyusunan RPP

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Boga

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Nutrition and Culinary Education Media (JMPGK) is a six-monthly journal containing manuscripts in the fields of education, nutrition and culinary. The scope of JMPGK is in the form of research results and critical-analytical studies in the fields of Education, Nutrition and Culinary. The ...