Penelitian ini dilatarbelakangi oleh 26% siswa masih belum memenuhi KKM yang ditetapkan sebesar 75 pada penerapan praktik dalam mata pelajaran Kue Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran langsung kemampuan psikomotor siswa dengan penerapan pengetahuan mengolah kue Indonesia pada praktik membuat kue-kue Indonesia dari beras yang berkaitan dengan tahap persiapan, pengolaahan dan penyajian pembuatan arem-arem, bacang dan lontong oncom. Metode penelitian ini menggunakan metode dekskiptif. Sampel yang digunakan adalah sampel total yang berjumlah 34 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi berupa Kriteria Unjuk Kerja (KUK). Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan pengetahuan mengolah kue Indonesia pada tahap persiapan dan penyajian berada pada kriteria sangat diterapkan dan pada tahap pengolahan berada pada kriteria diterapkan. Saran yang ditunjukan pada siswa lebih mempertahankan dan meningkatkan kemampuan psikomotor mengolah kue Indonesia dengan cara memperbanyak latihan mengolah dan membungkus kue-kue Indonesia dari beras. Kata Kunci : Penerapan, Pengetahuan, Mengolah Kue Indonesia, Praktik, Membuat Kue-kue Indonesia dari Beras
Copyrights © 2016