Media Pendidikan Gizi dan Kuliner
Vol 1, No 1 (2009)

PENINGKATAN PEMBELAJARAN PEMBUATAN ROTI MANIS MELALUI INDEPENDENT STUDY PADA MAHASISWA TATA BOGA DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Nurlaila Nurlaila (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2017

Abstract

Peserta didik seringkali mengalami kesulitan belajar, oleh karena itu perlu adanya suatu strategi belajar mengajar yang dapat memecahkan permasalahan tersebut. Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang menghasilkan peserta didik yang memiliki pemahaman dan penguasaan yang baik maka dibutuhkan metode pembelajaran yang kondusif bagi proses belajar mengajar. Salah satu metode pengajaran yang digunakan sebagai sumber utama dalam menyampaikan ilmu dan pengetahuan kepada mahasiswa adalah Independent Study. Metode yang digunakan Independent Study, dengan melakukan pra observasi,siklus I, II, dan III yang dilaksanakan sebanyak 9 kali pertemuan. Hasil belajar siklus pertama: Nilai rata-rata teori roti (bahan, alat, jenis dan teknik pengolahan roti) 76,1. Hasil belajar pada siklus kedua, pada hasil produk roti manis yang mereka adalah 82,6.dan hasil belajar bakery pada siklus ketiga adalah 91,8. Dari hasil refleksi pada siklus pertama, kedua, dan ketiga, pendekatan pembelajaran melibatkan mahasiswa melalui mencari sendiri gaya belajar mereka sehingga dapat tumbul ide-ide yang menjadikan mahasiswa lebih kreatif. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan prestasi belajar mulai dari siklus I nilai rata-rata yaitu 76,1; siklus II nilai rata-rata yaitu 82,6 ; siklus III nilai rata-rata yaitu 91,8.

Copyrights © 2009






Journal Info

Abbrev

Boga

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Nutrition and Culinary Education Media (JMPGK) is a six-monthly journal containing manuscripts in the fields of education, nutrition and culinary. The scope of JMPGK is in the form of research results and critical-analytical studies in the fields of Education, Nutrition and Culinary. The ...