Media Pendidikan Gizi dan Kuliner
Vol 4, No 2 (2015)

PEMBELAJARAN BOGA DASAR DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI TINJAU DARI MANFAAT PADA PESERTA DIDIK DI SMKN 3 CIMAHI

Detta Melsya Sari (Universitas Pendidikan Indonesia)
Yulia Rahmawati (Universitas Pendidikan Indonesia)
Rita Patriasih (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah yang ditemukan pada pembelajaran boga dasar di SMKN 3 Cimahi yaitu 58% peserta didik belum memahami dengan baik pada saat mengikuti pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian untuk menggali informasi manfaat yang dirasakan oleh peserta didik setelah mengikuti pembelajaran Boga Dasar menggunakan model discovery learning, ditinjau dari kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi penelitian berjumlah 145 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan sampel random jumlah sampel sebanyak 60 orang peserta didik kelas X jasa boga. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase manfaat yang dirasakan oleh peserta didik pada kemampuan pengetahuan sebesar 64% berada pada kriteria cukup bermanfaat, pada kemampuan sikap sebesar 71% berada pada kriteria bermanfaat sedangkan pada kemampuan keterampilan sebesar 73% berada pada kriteria bermanfaat. Rekomendasi ditujukan untuk peserta didik agar lebih menambah pengetahuan yang telah didapatkan khususnya tentang bumbu dasar dengan cara memperbanyak sumber belajar yang relevan, dan guru agar lebih memotivasi peserta didik dalam pembelajaran boga dasar

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

Boga

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Nutrition and Culinary Education Media (JMPGK) is a six-monthly journal containing manuscripts in the fields of education, nutrition and culinary. The scope of JMPGK is in the form of research results and critical-analytical studies in the fields of Education, Nutrition and Culinary. The ...