Kode : Jurnal Bahasa
Vol 12, No 2 (2023): Kode: Edisi Juni 2023

Penerapan Penggunaan Soal HOTS pada Karya Sastra dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara

Oktaviandi Bertua Pardede (Universitas Prima Indonesia)
Ramadhan Saleh Lubis (Universitas Prima Indonesia)
Nanda Dwi Astri (Universitas Prima Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini menetapkan bahan gambar karya sastra sebagai referensi untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini berkaitan dengan tujuan penelitian yakni adanya peningkatan keterampilan berbicara melalui akivitas bercerita karya sastra dengan penggunaan soal HOTS (High Order Thinking Skill). Ragam soal HOTS dapat mengoptimalkan berpikir kritis siswa yang kemudian akan meningkatkan keterampilan berbicara secara signifikan. Maka penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas soal HOTS pada karya sastra, dan untuk mengeksplorasi keterampilan berbicara siswa setelah diberikan soal HOTS pada pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menerapkan pendekatan campuran yakni kuantitatif dan kualitatif. Adapun metode penelitian yaitu bersifat eksplanatori dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri 1 Sunggal yang merupakan hasil penarikan sampel secara purposif. Hasil penelitian menunjukkan penerimaan Ha (sig=0,000<α=0,05) bahwa terdapat perbedaan keterampilan berbicara siswa yang signifikan sebelum dan sesudah mengerjakan soal HOTS. Hasil perbandingan siklus juga menunjukkan adanya peningkatan pada siklus 2 yakni terdapat > 80% siswa yang melampau KKM = 75. Perilaku belajar siswa juga menunjukkan 83,3% yang setuju bahwa karya sastra dapat mendorong antusias berbahasa dalam pelajaran bahasa Indonesia. Dengan demikian penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan berbicara dipengaruhi oleh kemampuan berpikir kritis yang tersaji dalam soal HOTS

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kjb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Kode adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Aspek kajian jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan ...