Media Pendidikan Gizi dan Kuliner
Vol 7, No 1 (2018)

STUDI CROSS-SECTIONAL: GAMBARAN PERILAKU GIZI ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI KOTA BANDUNG

Cica Yulia (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ali Khomsan (Institut Pertanian Bogor)
Dadang Sukandar (Institut Pertanian Bogor)
Hadi Riyadi (Institut Pertanian Bogor)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi atau gambaran perilaku gizi anak usia sekolah dasar. Penelitian ini merupakan tahap awal dan merupakan penelitian observasional dengan desain studi potong lintang (cross-sectional study) yang berlokasi di tujuh sekolah di Kota Bandung. Subjek yang menjadi sampel penelitian sebanyak 300 orang berasal dari 7 sekolah negeri di Kota Bandung. Kriteria inklusi subjek adalah siswa kelas 5 dan bersedia menjadi subjek penelitian. Pemilihan subjek dengan teknik random sampling. Data penelitian diperoleh melalui pengisian kuesioner yang terdiri atas pengetahuan gizi, sikap gizi dan praktik gizi subjek dengan teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status gizi subjek sebagian besar berada pada kategori normal. Persentase anak overweight adalah 21.7% dan obes 19.7%. Pengetahuan gizi subjek, lebih dari setengah jumlah subjek memiliki pengetahuan gizi baik (59.3%), hasil uji ANOVA menunjukkan tidak berbeda nyata antara pengetahuan gizi dari setiap kategori status gizi. Sikap gizi subjek pada umumnya (82.7%) memiliki sikap yang positif. Uji hubungan antar sikap gizi dan pengetahuan gizi memiliki hubungan positif dengan nilai (r=0.215; p=0.000). Praktik gizi subjek termasuk tindakan yang diamati dari subjek yang dapat mempengaruhi perilaku gizi subjek. Praktik gizi subjek menunjukkan kategori sedang (51.7%). Hasil uji ANOVA dan hasil uji hubungan menunjukkan pengetahuan gizi dan praktik gizi subjek tidak berbeda nyata dan tidak berhubungan.Kata kunci : Anak usia sekolah dasar, perilaku gizi, pengetahuan gizi, praktik gizi, sikap gizi

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Boga

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Nutrition and Culinary Education Media (JMPGK) is a six-monthly journal containing manuscripts in the fields of education, nutrition and culinary. The scope of JMPGK is in the form of research results and critical-analytical studies in the fields of Education, Nutrition and Culinary. The ...