Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterkaitan prinsip penggunaan alat praktikum di laboratorium Tata Boga dengan materi perkuliahan Fisika Terapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran mengenai penerapan hasil belajar Fisika Terapan dalam penggunaan alat di laboratorium Tata Boga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Anggota populasi penelitian ini adalah mahasiswa Tata Boga angkatan 2010 dan 2011 sebanyak 83 orang. Jumlah anggota sampel dalam penelitian ini sebanyak 45 orang diperoleh dengan menggunakan teknik Proportionate stratified random sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner tertutup. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan hasil belajar Fisika Terapan tentang besaran dan satuan dengan persentase sebesar 86% berada pada kriteria sangat diterapkan, penerapan hasil belajar Fisika Terapan tentang bahan listrik dengan persentase sebesar 85% berada pada kriteria sangat diterapkan, penerapan hasil belajar Fisika Terapan tentang konversi energi listrik dengan persentase sebesar 87% berada pada kriteria sangat diterapkan, penerapan hasil belajar Fisika Terapan tentang efisiensi energi listrik n dengan persentase sebesar 96% berada pada kriteria sangat diterapkan. Peneliti menyimpulkan bahwa hasil belajar Fisika Terapan sangat diterapkan dalam pelaksanaan praktek di Laboratorium Tata Boga. Saran dari hasil penelitian ini ditujukan pada semua tenaga pengajar di Prodi Pendidikan Tata Boga agar memberikan pengarahaan intensif pada saat praktikum mengenai cara penggunaan alat agar dapat meminimalisir kerusakan alat dan menghindari kecelakaan kerja pada saat praktek, dan pada mahasiswa agar dapat menerapkan hasil belajar Fisika Terapan dalam kehidupan sehari-hari.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013