Jurnal Pendidikan Sultan Agung
Vol 1, No 3 (2021)

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRIGONOMETRI BERDASAR PROSEDUR NEWMAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF GENDER

Antok Ferdiyanto (Universitas Islam Sultan Agung)
Imam Kusmaryono (Universitas Islam Sultan Agung)
Hevy Risqi Maharani (Universitas Islam Sultan Agung)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Tujuan penelitian untuk mengetahui persentase tingkat kesalahan siswa di tiap kriteria Newman ditinjau dari perspektif gender dan menemukan faktor-faktor yang menjadi penyebab pada segitiga siku-siku, siswa melakukan kesalahan saat menjawab soal perbandingan trigonometri pada prosedur Newman ditinjau dari perspektif gender. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian dan wawancara serta lembar observasi guna memvalidasi hasil tes uraian ketika wawancara berlangsung. Instrumen tes uraian berupa soal nilai perbandingan sudut trigonometri pada segitiga siku-siku. Analisis jawaban soal tes menggunakan prosedur Newman dengan memperhatikan kelima langkahnya yang terdiri dari kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan prosedur, kesalahan penulisan jawaban. Berdasarkan hasil analisis serta pembahasan kesimpulan bahwa dari 28 siswa kelas XI MIPA VI terdapat sebanyak 5 orang siswa laki-laki paling sering melakukan kesalahan pada kriteria kesalahan memahami, sedangkan syarat kesalahan penulisan jawaban adalah dimana 5 siswa perempuan melakukan kesalahan terbesar. Kesalahan laki-laki disebabkan karena terburu-buru dalam membaca soal sehingga ceroboh dalam pengerjaannya sedangkan kesalahan perempuan disebabkan kurang teliti yang menyebabkan penulisan hasil kurang kurang disederhanakan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpsa

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Sultan Agung (JP-SA) is a journal that aims to facilitate and promote scientific conceptual ideas, systematic investigations or reviews, and dissemination of research results in the fields of early childhood education, primary and secondary education, higher education, teacher ...