Jurnal Pendidikan Sultan Agung
Vol 2, No 2 (2022)

PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET PADA MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Indah Putri Jayanti (Universitas Negeri Jakarta)
Budiaman Budiaman (Universitas Negeri Jakarta)
Sujarwo Sujarwo (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara intensitas penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 139 Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey melalui kuesioner yang diukur dengan menggunakan skala likert. Dalam penelitian ini, jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 90 siswa yang dipilih menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling sebagai penentu kriteria sampel. Pengujian statistik dalam penelitian ini, seluruhnya menggunakan bantuan dari software SPSS Statistics 25. Adapun berdasarkan pengolahan data yang didapat melalui para responden, didapatkan hasil uji T dengan nilai Thitung 3,124 > Ttabel 1,987. Dengan nilai tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara intensitas penggunaan gadget  terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 139 Jakarta. Kemudian, berdasarkan model regresi linier yang digunakan yakni Y'=78,026+0,177X. Dapat disimpulkan bahwa setiap terjadi penambahan satu nilai variabel bebas (X), maka akan meningkatkan nilai variabel terikat (Y) sebesar 0,177. Koefisien regresi ini bernilai positif, sehingga dapat diartikan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah positif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpsa

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Sultan Agung (JP-SA) is a journal that aims to facilitate and promote scientific conceptual ideas, systematic investigations or reviews, and dissemination of research results in the fields of early childhood education, primary and secondary education, higher education, teacher ...