Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan
Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MI AL-HIKMAH KUTARAJA

Firda Halawati (Universitas Islam Al-Ihya Kuningan)
Aam Badriyatul Hamdiyah (Universitas Islam Al-Ihya Kuningan)
Karliawati Karliawati (Universitas Islam Al-Ihya Kuningan)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini (a) Untuk Mendapatkan gambaran model pembelajaran tipe TPS siswa pada mata pelajaran IPS di MI AL-Hikmah Kutaraja Maleber Kabupaten Kuningan. (b) Untuk Mendapatkan gambaran tentang pemahaman konsep siswa Pada Mata Pelajaran IPS siswa MI AL-Hikmah Kutaraja Maleber Kabupaten Kuningan. (c) Untuk Mendapatkan gambaran Seberapa besar pengaruh metode TPS terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPS di MI AL-Hikmah Kutaraja Maleber Kabupaten Kuningan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dibagi dalam dua kelompok sampel yaitu kelas V A berjumlah 23 orang sebagai kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran dengan model TPS. Sedangkan kelas V B berjumlah 23 orang sebagai kelas kontrol yang melakukan pembelajaran menggunakan metode pemberian tugas/resitasi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini dari kedua kelompok mengenai pemahaman konsep siswa yang didapatkan melalui tes awal dan tes akhir. Untuk mengetahui pengaruh metode TPS terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari perbedaan rata-rata dua kelompok sampel. Dari hasil tes awal diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan kedua kelompok sampel sama, sedangkan dari hasil analisis tentang aktivitas siswa pada proses pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran model TPS menunjukan kelas eksperimen rata-rata pretes 59,565, hasil postes 84,260 sehingga mengalami kenaikan sebesar 41%, dan gain nya 0,67. Sedangkan untuk kelas kontrolnya dari hasil pretes 57,739, hasil postes 60,347, rata-rata gain nya 0,06 dan terdapat kenaikan sebesar 0,43%. Hal ini menunjukan bahwa penerapan pembelajaran model TPS dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa lebih baik. Berdasarkan hasil analisis penggunaan model TPS pemahaman konsep belajar siswa terlihat adanya peningkatan. Hal ini terlihat adanya perubahan, pada awalnya kondisi objektif pemahaman konsep belajar siswa MI Al-Hikmah Kutaraja masih kurang. Setelah melalui penggunaan metode TPS pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan perubahan siswa menjadi lebih paham.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jfik

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA KUNINGAN [p-ISSN 2774-5473 | E-ISSN 2746-4873] adalah jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Islam Al-Ihya Kuningan. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA KUNINGAN akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu keislaman. Artikel yang diterbitkan adalah ...