Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 2 No. 1 (2023): May 2023

Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa

Dewi, Mely Puspita (Unknown)
Yoyo Zakaria Ansori (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Kemampuan penalaran matematis mempunyai peranan penting dalam pembelajaran matematika. Kemampuan penalaran matematis yang kuat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep matematika dengan lebih baik dan menerapkannya dalam berbagai konteks. Namun beberapa siswa mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan penalaran matematis karena berbagai faktor, seperti kurangnya pemahaman konsep dasar, kelemahan dalam berpikir abstrak, atau kecemasan terkait dengan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan seluruh hasil penelitian yang berkaitan dengan penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan Penalaran matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Terdapat 14 artikel terkait yang dianalisis dalam penelitian ini. Hasil SLR ini menunjukkan penelitian menunjukkan model Problem Based Learning mampu memberikan dampak positif atau meningkatkan kemampuan Penalaran matematis siswa lebih baik dibandingkan model pembelajaran lainnya. Hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi para peneliti dalam melakukan penelitian dan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN : 2830-0378) is a scientific journal published by Papanda (Paguyuban Panalungtik Sunda). This aims to provide a national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to mathematics education, specifically focuses ...