Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan kompetensi penting yang perlu dikembangkan pada siswa sekolah dasar. Namun banyak siswa mengalami kesulitan ketika memecahkan masalah matematika. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan Systematic Literature Reveiew (SLR) dengan mencari dan mengkaji beberapa artikel kemudian menarik kesimpulan. Pencarian literatur dari 10 artikel yang di ikutsertakan tahap analisis pada terbitan 5 tahun terakhir. Hasil tinjauan sistematis ini menunjukkan bahwa penggunaan Model Problem Solving berkontribusi secara positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SD. Melalui pendekatan ini, siswa diajak untuk mengidentifikasi masalah, merumuskan strategi pemecahan masalah, menerapkan konsep matematika yang relevan, dan mengevaluasi solusi yang dihasilkan. Model Problem Solving memberikan kerangka kerja yang struktur dan sistematis bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah matematika secara efektif.
Copyrights © 2023