Dalam penelitian ini adalah Apakah hasil belajar matematika materi bangun datar pada siswa kelas IN SDN 105 Inpres Alatengae kabupaten maros melalui pendekatan pemecahan masalah dapat meningkat Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar pada siswa kelas IV SDN 105 Inpres Alatengae Kabupaten Maros melalui pendekatan pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah murid Kelas IV SDN 105 Inpres AlatengaeĀ  Kabupaten Maros sebanyak 26 orang pada tahun ajaran 2023/2024. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif yaitu data mengenai hasil belajar yang diperoleh melalui tes hasil belajar, sedangkan data kualitatif yaitu aktifitas belajar murid diperoleh melalui observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa yang tuntas secara individual hanya 14 orang atau 53,84% dan nilai rata- rata diperoleh sebesar 62 sedangkan pada siklus IIĀ  23 orang atau 88,46% telah memenuhi KKM dan nilai rata- rata yang diperoleh sebesar 80,65. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan penerapan pendekatan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika materi bangun datar terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas kelas IV SDN 105 Inpres Alatengae Kabupaten Maros.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023