Jurnal Khasanah Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2023): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, September 2023

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas IV SDN 105 Inpres Alatengae Kabupaten Maros

Nisa Muslimah (Unknown)
Baharullah (Unknown)
Ardi Ardillah Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2023

Abstract

Dalam penelitian ini adalah Apakah hasil belajar matematika materi bangun datar pada siswa kelas IN SDN 105 Inpres Alatengae kabupaten maros melalui pendekatan pemecahan masalah dapat meningkat Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar pada siswa kelas IV SDN 105 Inpres Alatengae Kabupaten Maros melalui pendekatan pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah murid Kelas IV SDN 105 Inpres AlatengaeĀ  Kabupaten Maros sebanyak 26 orang pada tahun ajaran 2023/2024. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif yaitu data mengenai hasil belajar yang diperoleh melalui tes hasil belajar, sedangkan data kualitatif yaitu aktifitas belajar murid diperoleh melalui observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa yang tuntas secara individual hanya 14 orang atau 53,84% dan nilai rata- rata diperoleh sebesar 62 sedangkan pada siklus IIĀ  23 orang atau 88,46% telah memenuhi KKM dan nilai rata- rata yang diperoleh sebesar 80,65. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan penerapan pendekatan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika materi bangun datar terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas kelas IV SDN 105 Inpres Alatengae Kabupaten Maros.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan (E-ISSN 2985-7317) adalah jurnal ilmiah peer-review berkualitas tinggi dengan akses terbuka yang diterbitkan tiga kali setahun (Januari, Mei, September) oleh Penerbit Asian Publisher. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan berfokus pada artikel hasil penelitian, pemikiran, ...