Jurnal Didactical Mathematics
Vol. 5 No. 2 (2023): Oktober 2023

Analisis Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Pembelajaran Abad 21

Zaskia Husna Maharani (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Kusno Kusno (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2023

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sangat diperlukan khususnya pada pembelajaran abad 21 ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis pembelajaran abad 21 yang memanfaatkan teknologi danĀ  dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa . Data dikumpulkan melalaui jurnal-jurnal yang terkait untuk dikaji. Metode penelitian yang digunakan adalah metode SRL ( Systematic Literature Review) untuk mengenali, meneliti, dan menilai semua investigasi terkait untuk mengatasi pertanyaan penelitian yang diajukan. Arikel yang dikaji sebanyak 20 artikel dengan kurun waktu 2016-2022 baik jurnal nasional dan jurnal internasional. Hasil penenlitian menujukan bahwa pendekatan pembelajaran yang bisa di padukan dengan teknologi abad 21 akan melatih kemampuan berpikir kreatif. Sepeti pembelajaran Berbasis proyek atau berbasis masalah, pembelajaran dengan pendekatan open-ended, pembelajaran STEM ,pendekatan konstektual, semua itu bisa disesuaikan dengan materi matematika yang akan diajarkan. Selain itu, ditemukan beberapa hal yang terkait dengan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang dapat dipengaruhi oleh faktor gender dan Self-regulated.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The scope of scientific articles that can be published in Jurnal Didactical Mathematics are as follows: Mathematics Education and Teaching, Method / Model / Strategy for Learning Mathematics, Media and Multimedia Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in ...