JUSIFOR : Jurnal Sistem Informasi dan Informatika
Vol 2 No 1 (2023): JUSIFOR - JUNI 2023

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Penayangan Iklan Radio Menggunakan Metode Weighted Product (WP)

Rika Yunitarini (Universitas Trunojoyo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2023

Abstract

Penayangan program radio yang diselingi iklan membutuhkan pengelolaan yang baik sehingga dapat tepat sasaran. Seperti jam atau waktu kemunculan iklan tersebut, lama penayangan atau durasi, dan seberapa sering iklan itu muncul di sela program-program radio yang disiarkan. Masalah yang sering terjadi adalah kesulitan dalam memilih mana dari sekian banyak iklan yang akan ditayangan oleh stasiun radio tersebut. Pemilihan ini didasarkan pada beberapa kriteria seperti kesesuaian dengan visi misi radio, jangka kontrak, harga, durasi tayang, serta jam tayang. Selain itu permasalahan lainnya adalah bagaimana membagi penayangan jenis iklan yang beragam, menentukan waktu tayang, pembagian jam tayang prime time dan reguler time. Rumitnya cara pemilihan penayangan iklan sebagai alasan diusulkanya suatu sistem pendukung keputusan yang dapat menentukan iklan yang akan ditayangkan, dengan kriteria yang memenuhi pihak stasiun radio. Dalam sistem ini menggunakan metode Weighted Product. Metode Weighted Product merupakan metode yang mendukung pengambilan keputusan terhadap multi kriteria. Dengan metode ini diharapkan dapat membantu proses pengambilan keputusan pemilihan penayangan iklan di radio.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jusifor

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Library & Information Science

Description

JUSIFOR adalah jurnal akses terbuka di bidang Informatika dan Sistem Informasi. Jurnal ini tersedia bagi para peneliti yang ingin meningkatkan pengetahuan mereka dibidang tertentu dan dimaksudkan untuk menyebarkan pengalaman hasil studi. JUSIFOR merupakan Jurnal penelitian ilmiah bidang informatika ...