Humanis : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 22, No. 1 Juni 2023

PKM Pelatihan Pengembangan Keterampilan Sosial bagi Guru Anak Berkebutuhan Khusus di Kota Makassar

Riri Amandaria (Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar)
Mauliadi Ramli (Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar)
Mario Mario (Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar)
Ulfa Utami Mappe (Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar)
Ernawaty S Kaseng (Prodi Pendidikan Teknologi Pertanian Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2023

Abstract

Keterampilan sosial merupakan salah satu aspek penting bagi siswa, termasuk bagi siswa berkebutuhan khusus. Setiap siswa hidup secara sosial di dalam suatu masyarakat, termasuk bagi siswa berkebutuhan khusus. Hal tersebut menunjukkan siswa berkebutuhan khusus juga memerlukan interaksi dengan orang lain, seperti dengan teman sebaya. Oleh karenaitu,penanganananakberkebutuhankhusustidakterlepasdariperanseorangguru untuk memberikan dukungan dalam perkembangan kemampuan anak didiknya dalam berinteraksi sosialdenganmasyarakatluas.Akantetapi,banyakdiantaraparaguruyang kurang menyadari betapa pentingnya meningkatkan keterampilan sosial bagi siswa didiknyayangberkebutuhankhusus.Salahsatuupayayangdapatdilakukanuntukmembantu masalahtersebutadalahdenganmemberikanpelatihankepadagurudalamrangka membantu perkembangan anaknya. Luaran dari PKM ini adalah bertambahnya pengetahuandan informasi pada kelompok sasaran yaitu guru siswa berkebutuhan khusus. Diharapkan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengembangan keterampilan sosial bagi guruuntuk anak berkebutuhan khusus diharapakan setelah mengikuti pelatihan para guru dapat mengajarkannya ke anak didiknya sehingga mampu menigkatkan keterampilan berinteraksi, beradaptasi dan berpartisipasi aktif yang memang sangat dibutuhkan oleh anak berkebutuhan khusus dalam kehidupan pribadi dan sosial di lingkungan keluarga di sekolah dan masyarakat luas.Abstract.Social skills are an important aspect for students, including students with special needs. Every student lives socially in a society, including students with special needs. This shows that students with special needs also need interaction with other people, such as with peers. Therefore, the handling of children with special needs is inseparable from the role of a teacher to provide support in developing the ability of their students to interact socially with the wider community. However, many of the teachers are not aware of how important it is to improve social skills for students with special needs. One effort that can be done to help with this problem is to provide training to teachers in order to help the development of their children. The output of this PKM is an increase in knowledge and information for the target group, namely teachers of students with special needs. It is hoped that activities that aim to improve the development of social skills for teachers for children with special needs are hoped that after attending the training the teachers can teach them to their students so that they are able to improve the skills of interacting, adapting and actively participating which are really needed by children with special needs in personal and social life in family environment at school and the wider community.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Humanis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Humanis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan jurnal yang dikelola oleh Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar sejak tahun 2007. Humanis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan jurnal yang dikelola oleh Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Menerbitkan artikel ...