Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan tujuan: (1) menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) materi asam basa yang mengacu pada model pembelajaran Student Team Achievement Divission (STAD) berbasis literasi konten kearifan lokal sesuai dengan kekhasan yang dibuat; (2) mengetahui kelayakan LKPD yang dihasilkan berdasarkan penilaian lima guru kimia SMA; (3) mengetahui respon peserta didik terhadap produk melalui uji keterbacaan oleh peserta didik. Prosedur pengembangan mengacu pada model pengembangan 4D. Tahap yang dilakukan antara lain: (1) Define (pendefinisian); (2) Design (perancangan); (3) Development (pengembangan); (4) Disseminate (penyebaran). Hasil validasi oleh dosen ahli pembelajaran kimia LKPD ini layak digunakan setelah direvisi berdasarkan saran penilai. Hasil penilaian kualitas produk LKPD oleh reviewer memperoleh persentase keidealan 88,00% dan hasil uji keterbacaan oleh peserta didik memperoleh persentase keidealan sebesar 83,31%, sehingga secara keseluruhan LKPD ini layak digunakan pada pembelajaran kimia.Kata Kunci: LKPD, STAD, literasi, kearifan lokal, asam basa.
Copyrights © 2023