AbstrakPandemi global Covid-19 yang melanda negara Indonesia memaksa agar masyarakat membatasi aktifitasnya. Penerapan pembatasan social yang bertujuan menahan laju pertambahan kasus tertular virus Covid-19 berdampak juga pada kehidupan social masyarakat diantaranya ekonomi. Permasalahan yang ditemukan di Desa Haruman, kecamatan Leles, Kabupaten Garut adalah kesulitan para pelaku UMKM utamanya dalam melakukan pemasaran hasil produksinya. Melihat kondisi di Desa Haruman tersebut, penulis melihat perlu dilakukan terobosan untuk dapat menjangkau target pasar UMKM yaitu dengan memanfaatkan perkembangan internet dan juga alat yang dimiliki oleh para pelaku UMKM. Pengabdian masyarakat dilaksanakan dalam bentuk pengenalan, sosialisasi dan pendampingan dalam memanfaatkan internet untuk kegiatan pemasaran yaitu memanfaat sosial media dan juga market place. Hasil pengabdian masyarakat di Desa Haruman, Kecamatan Leles adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan sosial media dalam melakukan pemasaran produk UMKM sehingga dalam kondisi pandemic dan adanya pembatasan sosial UMKM di Desa Haruman, Kecamatan Leles tetap dapat berjalan dan berkembang.Kata-kata kunci: Pemasaran; umkm; media sosial.Abstract The global Covid-19 pandemic that hit Indonesia forced people to limit their activities. The implementation of social restrictions aimed at restraining the rate of increase in cases of contracting the Covid-19 virus has an impact on the social life of the community, including the economy. The problem found in Haruman Village, Leles sub-district, Garut Regency is the difficulty of the main MSME actors in marketing their products. Seeing the conditions in Haruman Village, the author sees that a breakthrough is needed to be able to reach the MSME target market, namely by utilizing the development of the internet and also the tools owned by MSME actors. Community service is carried out in the form of introduction, socialization and assistance in utilizing the internet for marketing activities, namely utilizing social media and also the market place. The results of community service in Haruman Village, Leles District are providing knowledge and skills in using social media in marketing MSME products so that in a pandemic condition and MSME social restrictions in Haruman Village, Leles District can still run and develop.Keywords: Marketing; umkm; social media.
Copyrights © 2021