Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 2 No. 2 (2022): Vol. 2 No. 2 (2022): September 2022

Pendampingan belajar bagi siswa di MI Ihyauddiniyah dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning

Bahruddin, Babul (Unknown)
Nisa, Khoirun (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2022

Abstract

Pendidikan merupakan proses yang melibatkan tiga dimensi utama, yaitu individu, masyarakat, dan komunitas nasional. Lebih dari sekadar pengajaran, pendidikan mencakup transfer ilmu, transformasi nilai, dan pembentukan karakter dalam segala aspek kehidupan seseorang. Sebagai kebutuhan pokok, pendidikan memainkan peran penting dalam menyediakan keseimbangan dan kesempurnaan dalam perkembangan individu dan masyarakat. Di Desa Duren Sereh, anak-anak mulai menimba ilmu sejak PAUD hingga MTS Ihyauddiniyah. Model pembelajaran yang digunakan dalam pendampingan belajar siswa MI Ihyauddiniyah oleh peserta PKM didasarkan pada Discovery Learning. Melalui metode Appreciative Inquiry, peserta PKM menggunakan empat tahap, yaitu Discovery, Dream, Design, dan Destiny, serta langkah-langkah seperti Design, Define, dan Refleksi. Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran siswa secara aktif dan kreatif. Discovery Learning mendorong siswa untuk berpikir kreatif, memecahkan masalah, dan menguasai konsep dengan variasi jawaban yang individu. Dengan demikian, pendampingan ini diharapkan dapat menghasilkan perubahan positif dalam pembelajaran siswa, memungkinkan mereka untuk mengembangkan kemampuan berpikir yang luas dan menghadapi tantangan belajar dengan lebih inovatif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

khidmah

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

AL-KHIDMAH is an Journal of Community Service belonging to the Zainul Hasan Islamic University Genggong Kraksaan Probolinggo. AL-KHIDMAH is a journal that contains scientific works related to thoughts or research about Community Dedication. The existence of the journal AL-KHIDMAH is certainly very ...