Pendidikan merupakan proses yang melibatkan tiga dimensi utama, yaitu individu, masyarakat, dan komunitas nasional. Lebih dari sekadar pengajaran, pendidikan mencakup transfer ilmu, transformasi nilai, dan pembentukan karakter dalam segala aspek kehidupan seseorang. Sebagai kebutuhan pokok, pendidikan memainkan peran penting dalam menyediakan keseimbangan dan kesempurnaan dalam perkembangan individu dan masyarakat. Di Desa Duren Sereh, anak-anak mulai menimba ilmu sejak PAUD hingga MTS Ihyauddiniyah. Model pembelajaran yang digunakan dalam pendampingan belajar siswa MI Ihyauddiniyah oleh peserta PKM didasarkan pada Discovery Learning. Melalui metode Appreciative Inquiry, peserta PKM menggunakan empat tahap, yaitu Discovery, Dream, Design, dan Destiny, serta langkah-langkah seperti Design, Define, dan Refleksi. Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran siswa secara aktif dan kreatif. Discovery Learning mendorong siswa untuk berpikir kreatif, memecahkan masalah, dan menguasai konsep dengan variasi jawaban yang individu. Dengan demikian, pendampingan ini diharapkan dapat menghasilkan perubahan positif dalam pembelajaran siswa, memungkinkan mereka untuk mengembangkan kemampuan berpikir yang luas dan menghadapi tantangan belajar dengan lebih inovatif.
Copyrights © 2022