Bio Educatio : The Journal of Science and Biology Education
Vol 8, No 1 (2023): Bio Educatio: The Journal of Science and Biology Education

Efektivitas Metode Field Trip Berbantuan Aplikasi Plantnet sebagai Media Identifikasi Tumbuhan di Kawasan Hutan Arboretum Mandapa Kabupaten Majalengka

Iim Halimatul Mu'minah (Universitas Majalengka)
Abdur Rasyid (Universitas Majalengka)
Muhamad Kurnia Sugandi (Universitas Majalengka)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Pembelajaran Biologi dengan materi klasifikasi mahluk hidup sangat erat kaitannya dengan kegiatan mengidentifikasi jenis tanaman. Proses Pembelajaran Biologi mengenai identifikasi jenis tanaman tidak hanya cukup dengan teoritis saja, akan tetapi harus melaksanakan aktivitas mencari tahu, menemukan, mengumpulkan, meneliti, mendaftarkan, mencatat data dan informasi jenis tanaman yang dipelajari. Salah satu aplikasi yang dapat memudahkan siswa dalam mengidentifikasi jenis tanaman yakni menggunakan Aplikasi PlantNet. Melalui aplikasi ini kita bisa mencari tahu nama ilmiah tanaman, klasifikasi, identifikasi terhadap bunga, daun, buah, batang, dan Wikipedia. Inovasi metode field trip dengan bantuan aplikasi diharapkan menjadi sebuah alternatif pembelajaran. Peneliti ingin membawa peserta  didik keluar kelas dalam proses pembelajaran Biologi yang menyuguhkan pembelajaran secara kontekstual bukan konseptual semata. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektifitas metode field trip berbantuan aplikasi plantnet terhadap hasil belajar biologi pada materi klasifikasi tumbuhan di Kawasan hutan Arboretum mandapa kab. Majalengka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi seluruh kelas VII tingkatan Madrasah  Tsanawiyah dengan sampel 36 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan purposive  sampling. Intrumen yang digunakan dalam penelitian yakni soal pilihan ganda dan pengisian Angket siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode field trip berbantuan aplikasi plantnet efektif diimplementasikan dalam proses pembelajaran biologi dalam materi klasifikasi tumbuhan, didapat N-gain sebesar 0,48 dengan kategori Sedang. Berdasarkan hasil analisis data terdapat signifikansi hasil belajar biologi dari sebelum treatment dengan rata-rata pretest sebesar 68,97 dan sesudah treatmen dengan rata-rata posttest sebesar 85,06. Dengan demikian terdapat peningkatan hasil belajar biologi yang signifikan dan berada diatas kriteria ketuntasan minimal (kkm) sebesar 75. Respon siswa menunjukan hasil sebesar 82% dengan kategori Sangat Baik. Hal ini menunjukan bahwa siswa memiliki respon yang Sangat Baik terhadap pembelajaran Biologi dengan menggunakan metode Field Trip berbantuan aplikasi Plantnet dalam materi identifikasi tanaman.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

BE

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science

Description

Bio Educatio merupakan jurnal ilmiah versi online pada Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Majalengka, Jurnal ini memuat penelitian tentang pendidikan IPA dan Pendidikan Biologi serta keilmuan biologi, yang diterbitkan setiap 6 bulan ...