Penelitian ini  bertujuan mengetahui: (1) Gambaran kebutuhan e-komik anti bullying dalam pemberian layanan informasi bagi siswa (2) Prototype e-komik anti bullying sebagai media informasi bullying bagi siswa (3) Tingkat validasi e-komik anti bullying dalam memberikan layanan informasi bullying pada siswa (4) Tingkat kepraktisan e-komik anti bullying dalam memberikan layanan informasi bullying pada siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang di modifikasi oleh peneliti dari 10 menjadi 7 tahapan pengembangan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SDN 14 Batang sebanyak 20 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket analisis kebutuhan. Hasil penelitian diperoleh (1) Siswa membutuhkan layanan informasi e-komik anti bullying mengenai strategi pencegahan perilaku bullying, akan tetapi belum tersedia media dilingkungan sekolah. (2) Prototype media e-komik anti bullying terdiri atas 7 tampilan utama yaitu tampilan sampul komik, hak cipta, panduan penggunaan e-komik, isi cerita, pesan moral dan nilai karakteristik, lampiran berupa tips untuk menghindari bullying, dan tampilan video (3) Tingkat validitas media informasi e-komik anti bullying sebagai media informasi bagi siswa sudah valid untuk digunakan oleh siswa sesuai dengan hasil dari penilaian dua orang ahli, yaitu: ahli materi, dan ahli media, Akan tetapi masih perlu dilakukan perbaikan produk untuk menghasilkan produk yang lebih berkualitas untuk nantinya bisa diimplementasikan secara luas dilapangan (4) Tingkat kepraktisan media informasi e-komik anti bullying sebagai media informasi bagi siswa sudah praktis untuk digunakan oleh siswa sesuai dengan hasil dari penilaian wali kelas
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023