Jurnal STIE Semarang (Edisi Elektronik)
Vol 15 No 2 (2023)

ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK, KEPRIBADIAN MEREK DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MINYAK ZAITUN HNI HPAI PADA MASYARAKAT KELURAHAN JOMBLANG KECAMATAN CANDISARI SEMARANG

eko sasono (sekolah tinggi ilmu ekonomi semarang)
Fidyah Yuli Ernawati (sekolah tinggi ilmu ekonomi semarang)
Febra Hendra Wijaya (sekolah tinggi ilmu ekonomi semarang)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2023

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepercayaan merek, kepriabadian merek dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan produk minyak zaitun pada masyarakat Kelurahan Jomblang Kecamatan Candisari Semarang. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel terikat adalah loyalitas pelanggan (Y) dan Sedangkan yang menjadi variabel bebas adalah kepercayaan merek (X1), kepriabadian merek (X2) dan kepuasan pelanggan (X3). Sampel yang diambil 100 responden. Teknik penentuan sampel yang digunakan non probability sampling dengan teknik insidental. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan metode analisis yang digunakan regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefesien determinasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepercayaan merek terhadap loyalitas pelanggan kemudian antara kepribadian merek terhadap loyalitas pelanggan dan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Untuk kepuasan pelanggan sebaiknya pihak perusahaan terus meningkatkan kualitas pelayanan dan memberikan kenyamanan kepada pelanggan sehingga pelanggan bertambah loyal dan akan merekomendasikan kepada orang lain untuk menggunakan produk minyak zaitun HNI HPAI.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

JURNAL EKONOMI STIE SEMARANG is published by SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI SEMARANG, Center Java, Indonesia. It is published three times a year February, June and October. JURNAL EKONOMI STIE SEMARANG is organized by the Lecturers of STIE SEMARANG and Journal Developer Team. The articles published in ...