Suska Journal of Mathematics Education
Vol 9, No 1 (2023)

Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Digital Etnomatematika Pada Pokok Bahasan Segiempat dan Segitiga

Pika Merliza (IAIN Metro)



Article Info

Publish Date
09 May 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni menganalisis kebutuhan akan bahan ajar berbasis digital yang terintegrasi dengan konsep budaya dan matematika (etnomatematika) pada pokok bahasan segiempat dan segitiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.  Subjek dalam penelitian ini yakni guru matematika dan 10 peserta didik MTS Negeri 1 Lampung Timur. Instrumen pengumpulan data yakni dengan observasi dan wawancara. Teknik analisis data yakni dengan analisis skema interaktif milik Miles-Huberman yang terdiri dari tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa materi yang digunakan dalam pembelajaran menggunakan kurikulum 2013, bahan ajar yang digunakan yakni buku paket serta modul dari internet. Bahan ajar yang digunakan selama pembelajaran daring belum terfasilitasi dengan permasalahan kontekstual apalagi yang berbasis budaya, materi pembelajaran langsung pada permasalahan abstrak yang masih sulit dipahami peserta didik. Sehingga,  peserta didik belum optimal menyebutkan manfaat mempelajari materi segiempat dan segitiga serta mengkoneksikan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan maka perlu dikembangkan bahan ajar digital yang mengintegrasikan antara materi matematika pokok bahasan segiempat-segitiga dan masalah kontekstual berbasis budaya (etnomatematika).

Copyrights © 2023