ABSTRAKPenggunaan media komik digital sebagai stimulus untuk mempelajari teks hikayat, membantu peserta didik memahami kompetensi dasar teks hikayat terutama kemampuan berbahasa membaca dan menulis. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini mengembangkan media komik digital pada pembelajaran teks hikayat untuk peserta didik kelas X SMA di Semarang. Metode penelitian ini memodifikasi Research and Development oleh Borg dan Gal tahapan pengembangan: (1) penggunaan dan kebutuhan media, (2) penyusunan draf media, (3) penilaian pakar, (4) revisi draf, (5) uji coba, (6) forum pendidik diskusi, (7) revisi produk akhir, dan (8) laporan. Hasil penelitian diperoleh evaluasi pakar dalam pengembangan media komik digital pada pembelajaran teks hikayat untuk peserta didik kelas X SMA di Kota Semarang Ahli 1 sebesar 92 dan Ahli 2 sebesar 89 dengan kategori layak. Sementara itu, hasil penilaian FGD kedua pendidik bahasa Indonesia diperoleh nilai aspek cakupan isi sebesar 90, aspek ketepatan isi sebesar 90, kemenarikan isi sebesar 93, dan kualitas keseluruhan mempunyai nilai sebesar 90 dengan keseluruhan kategori layak. Sementara itu, FGD peserta didik hasil nilai aspek cakupan isi sebesar 91, aspek ketepatan isi sebesar 90, kemenarikan isi sebesar 93, dan kualitas keseluruhan sebesar 91 dengan keseluruhan kategori layak.
Copyrights © 2023